Apa Saja Pekerjaan yang Akan Diambil Alih Robot?

4 min read
teknologi memungkinkan pekerjaan manusia diambil alih robot

Photo by cottonbro from Pexels

Ketika membayangkan masa depan yang penuh dengan kemajuan teknologi, salah satu skenario yang terbayang adalah seperti film Terminator. Di mana robot berusaha mengambil alih kekuasaan manusia dengan kekerasan. Menurut para ahli, skenario tersebut nyaris mustahil terjadi. Skenario yang paling mungkin adalah pekerjaan manusia diambil alih robot.

Laporan dari McKinsey Global Institute mengatakan bahwa lebih dari 50% pekerjaan akan segera digantikan oleh robot pada tahun 2030 mendatang. Hari ini saja kita sudah bisa menemukan mobil yang bisa berjalan otomatis, mesin yang bisa membaca hasil X-Rays, algoritma yang mampu menjawab pertanyaan customer service dan lain sebagainya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat jelas mengancam banyak pekerjaan manusia. Robot sudah datang! Gak lama lagi akan semakin bertambah pekerjaan yang bisa diambil alih robot.

Meskipun gak sekejam film terminator, namun akan segera tiba masa di mana pekerjaan manusia diambil alih robot dengan paksa.

Dari sudut pandang pengusaha, tentunya lebih murah dna efektif mempekerjakan robot dibandingkan manusia. Robot hampir pasti gak akan mengalami kelelahan, masalah rumah tangga yang berpengaruh terhadap kinerja dan human error lainnya yang sering terjadi.

Satu hal yang pasti menguntungkan pengusaha adalah: robot gak perlu digaji! Mungkin hanya perlu perawatan berkala yang pastinya lebih murah dibandingkan mempekerjakan manusia.

Bagaimana Pekerjaan Manusia Diambil Alih Robot?

Kecepatan perkembangan teknologi sedang dalam tahap yang paling cepat sepanjang sejarah. Sobat Kilat bisa membayangkan 10 tahun yang lalu, smartphone dengan fitur layar sentuh merupakan teknologi baru yang sangat canggih.

Selain itu, smartphone juga memiliki fitur asisten virtual yang bisa diajak berbincang-bincang. Hal ini dapat terjadi karena ada algoritma yang sangat cerdas dibalik fitur tersebut. Algoritma itulah yang memungkinkan robot menganalisis informasi yang masuk dan memberikan respon.

Robot yang dimaksud gak selalu berbentuk fisik seperti robot dalam film Terminator. Ia bisa saja teknologi canggih tanpa fisik yang bisa melakukan pekerjaan sebaik manusia. Seperti mobil cerdas yang bisa berjalan tanpa supir.

Mobil cerdas akan dilengkapi dengan kamera untuk bisa melihat dari segala sudut. Mobil tersebut berjalan dengan menganalisis situasi dan kondisi yang ada di sekitarnya. Mengendarai mobil membutuhkan beberapa keahlian, tetapi jika dirangkum ia cukup memiliki penglihatan dan beberapa gerak motorik sederhana seperti mengendalikan stir, pedal rem, pedal gas dan transmisi.

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan sederhana sangat mungkin digantikan oleh algoritma cerdas atau kecerdasan buatan. Ya, kamu sudah tahu, mobil cerdas akan membuat banyak pekerjaan supir tergantikan.

Mobil cerdas hanyalah salah satu contoh dari bagaimana robot mengambil alih pekerjaan manusia. Masih banyak sekali jenis pekerjaan yang mungkin akan segera digantikan oleh robot.

Pekerjaan yang Akan Diambil Alih Robot

Menurut studi yang dilakukan oleh Oxford University yang berjudul “The Future of Employment” atau masa depan pekerjaan, dalam waktu dekat robot mengambil alih sekitar 80 juta pekerjaan di Amerika Serikat dan 15 juta pekerjaan di Inggris.

Pekerjaan yang akan digantikan oleh robot adalah jenis pekerjaan yang gak membutuhkan banyak variabel kemampuan. Singkatnya, pekerjaan monoton yang membutuhkan sedikit kemampuan.

Berikut ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang akan segera diambil alih robot:

1.  Supir

 Saat ini berbagai perusahaan mobil sedang mengembangkan teknologi mobil yang bisa berjalan dengan otomatis. Tesla menjadi pemimpin dalam industri ini. Perusahaan teknologi lainnya seperti Apple, Google dan Amazon juga tertarik untuk membuat mobil otomatis.

Apa yang terjadi pada supir seandainya mobil otomatis sudah diproduksi secara massal? Nyaris bisa dipastikan pekerjaan supir akan menghilang diambil alih robot atau kecerdasan buatan.

2.  Telemarketer

Apakah kamu pernah ditelpon oleh seseorang dan menawarkan produk? Itulah tugas dari telemarketer. Teknologi baru memungkinkan lahirnya robot telemarketer. Perusahaan gak perlu lagi membayar banyak orang untuk menawarkan produknya lewat telpon.

Cukup butuh satu telemarketer robot untuk berbicara dengan ratusan calon konsumen. Ya, seperti teknologi Siri dalam produk apple yang menawarkan produk perusahaan pada calon konsumen.

3.  Kasir

Pekerjaan sebagai kasir hanya membutuhkan kemampuan sederhana berhitung. Kita semua tahu dalam persoalan berhitung, mesin jauh lebih jago dari manusia dan nyaris mustahil melakukan kesalahan.

Kasir hanya perlu berhitung dan memberikan uang kembalian. Namun, jika semua pembayaran sudah dilakukan secara digital, kasir hampir pasti gak dibutuhkan lagi. Toh, untuk melakukan transaksi hanya perlu scan QR Code dan uang kita otomatis terpotong.

4.  Akuntan

Pekerjaan ini gak akan sepenuhnya hilang. Namun, akan berkurang jauh dari jumlahnya saat ini. Perusahaan gak perlu lagi mempekerjakan banyak akuntan untuk mencatat kondisi keuangan perusahaan.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi dan teknologi yang dapat menjalankan pekerjaan selayaknya akuntan. Di masa depan, mungkin sebuah perusahaan hanya perlu satu akuntan untuk melakukan audit pada pekerjaan yang dilakukan oleh robot akuntan dengan kecerdasan buatan.

5.  Asisten Legal

Tugas utama asisten legal adalah membantu senior untuk mengumpulkan data dan pasal-pasal yang berkaitan dengan kasus yang sedang diselesaikan. Dengan adanya algoritma mesin pencari yang canggih, seorang legal gak lagi butuh asisten untuk mengumpulkan data-data dan pasal-pasal terkait.

Ia hanya perlu menyentuh tuts keyboard dan semua informasi yang dibutuhkan akan keluar dalam sekejap!

6.  Cleaning Service

Pelayan yang bertugas untuk membersihkan ruangan juga diprediksi akan menghilang. Saat ini saja sudah banyak produk-produk yang dijual dengan kemampuan bisa membersihkan ruangan secara otomatis. Seperti robot vacuum cleaner. Sekarang saja sudah banyak dijual bebas mesin pembersih otomatis yang memaksa pekerjaan cleaning service diambil alih robot.

7.  Resepsionis

Teknologi layar sentuh yang dilengkapi dengan informasi canggih dapat menggantikan resepsionis untuk melayani tamu. Sekarang saja di bank kita gak perlu lagi mengantri untuk mengambil nomor antrian.

Cukup tekan pada layar sentuh yang tersedia di dekat pintu masuk dan mesin itu secara otomatis mengeluarkan struk tanda nomor antrian.

Itulah 7 jenis pekerjaan yang besar sekali kemungkinannya untuk diambil alih robot.

Pekerjaan yang Aman dari Robot

Apakah robot mengambil alih pekerjaan manusia secara keseluruhan? Tentunya nggak. Masih ada jenis pekerjaan yang aman dari serangan robot. Para ahli dan futuris memprediksi bahwa pekerjaan yang membutuhkan banyak variabel kemampuan dan variatif akan sulit digantikan oleh robot.

Kreativitas, spontanitas, empati dan inovasi dianggap sebagai kemampuan yang sangat kompleks sehingga sulit sekali digantikan oleh robot. Berikut ini jenis pekerjaan yang sulit diambil alih robot:

1.      Pengusaha / Entrepreneur

Jenis pekerjaan ini adalah yang paling aman sepanjang masa. Selama manusia masih hidup, maka masih ada hasrat untuk memenuhi keinginannya. Selama itu pula, masih ada kesempatan untuk pengusaha dapat menawarkan barang / jasa untuk dijual pada manusia.

Menjadi pengusaha membutuhkan kemampuan yang sangat kompleks dan variatif sehingga hampir mustahil diambil alih robot. Dibutuhkan kreativitas, spontanitas, empati dan inovasi untuk bisa menjadi seorang pengusaha.

2.      Pekerja Sosial

Pekerja sosial sangat membutuhkan sentuhan sesama manusia agar bisa bekerja dengan baik. Selain kemampuan empati, pekerja sosial juga harus kreatif dan inovatif agar bisa melahirkan solusi-solusi baru untuk mengentaskan permasalahan sosial yang ada.

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti akan selalu memiliki masalah sosial. Selama itu, pekerja sosial akan tetap dibutuhkan dan hampir pasti gak diambil alih robot.

3.      Terapis / Psikolog

Seorang terapis atau psikolog adalah mereka yang memiliki kemampuan empati yang sangat tinggi. Pekerjaan ini menjadi sangat sulit untuk diambil alih robot karena membutuhkan kompleksitas kemampuan dan sentuhan manusia.

4.      Pekerja Seni

Pekerjaan ini membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan pekerja seni akan sulit sekali tergantikan oleh robot. Manusia lebih menikmati karya seni yang diperankan oleh manusia dibandingkan oleh robot. Bayangkan saja seandainya menyaksikan sinetron Ikatan Cinta yang diperankan robot. Apakah akan lebih menarik dibanding Amanda Manopo dan Arya Saloka?

Selain itu, lebih asyik juga menyaksikan konser yang langsung dimainkan oleh pemain band dibandingkan robot kan? Dunia hiburan tentunya menjadi dunia yang sulit diambil alih robot.

5.      Dokter

Selain mendiagnosa penyakit, tugas dokter adalah menjelaskan penyakit dan cara penyembuhan terhadap pasiennya. Terkesan mudah dan sangat mungkin untuk menggantikan dokter dengan robot. Namun, sentuhan manusia terbukti memberikan rasa nyaman bagi pasien sehingga meningkatkan peluang untuk sembuh.

Coba saja kamu ke dokter yang sangat pintar, namun penyampaiannya sangat jutek. Kamu pasti akan merasa malas dan lebih memilih dokter yang gak pintar-pintar amat tapi menunjukkan simpati dan kepedulian yang tinggi.

6.      Guru / Pelatih

Pekerjaan menjadi guru juga sangat mungkin tergantikan oleh teknologi. Namun, menjadi guru atau pelatih juga sangat membutuhkan sentuhan manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia belajar terutama dengan meniru dan melihat contoh.

Selain itu, kasih sayang guru atau pelatih pada peserta didiknya diprediksi akan sulit tergantikan atau diambil alih robot.

7.      Spiritualis / Ulama

Algoritma, kecerdasan buatan atau robot bekerja dengan instruksi logika yang runut dan jelas. Nah, spiritualitas dan agama seringkali mengandung hal-hal yang di luar logika sehingga sangat sulit untuk robot dapat menguasai kemampuan tersebut.

Singkatnya, jenis pekerjaan yang membutuhkan sentuhan manusia dan kemampuan kompleks yang sangat variatif akan sulit tergantikan oleh robot yang hanya bekerja sesuai dengan instruksi logis atau programnya. Robot gak akan bisa melakukan pekerjaan di luar apapun yang sudah diprogram.

Gak ada cara yang lebih baik saat ini dibandingkan terus belajar dan membuat diri sendiri tetap relevan dalam menghadapi perubahan zaman. Pendidikan menjadi sangat vital hari ini. Gimana Sobat Kilat? Kamu takut atau antusias dalam menghadapi masa depan?

Referensi:

Evidensi (2020) | Penjelasan Sederhana Tentang Apa itu Algoritma

Forbes (2019) | Tech Experts Predict 13 Jobs That Will Be Automated By 2030

Harvard Business Review (2019) | AI Can Outperform Doctors. So Why Don’t Patiens Trust It?

McKinsey & Company (2017) | Jobs Lost, Jobs Gained

The Guardian (2017) | What Jobs Will Still be Around in 20 Years?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © PT Indo Fin Tek 2016 - 2021 | Newsphere by AF themes.