DK Blog

Dompet Kilat Blog

Fenomena GameStop, Hedge Funds dan Reddit yang Mengguncang Pasar Saham

3 min read
fenomena gamestop yang mengguncang dunia

Apakah sobat Kilat pernah mendengar tentang fenomena GameStop di Amerika Serikat? Ini adalah fenomena yang belakangan menjadi trending di berbagai media sosial.

Untuk orang-orang yang sering memantau pergerakan pasar dan berinvestasi di pasar saham, fenomena ini adalah sesuatu yang cukup mengejutkan.

Lini utama bisnis GameStop adalah menjual video game dan memang cukup struggliing karena arus digitalisasi yang pesat. Mereka juga sangat terdampak oleh pandemi yang makin memperburuk keadaan bisnisnya.

Mereka terpaksa menutup berbagai tokonya di Amerika Serikat hingga membuat harga saham GameStop jatuh sampai ke titik terendah, yaitu dibawah US$ 5 per lembar. Namun, fenomena terjadi dan seperti sihir hanya dalam beberapa minggu harga saham GameStop naik hingga 1.800%! Harga saham GameStop naik hingga mencapai US$350 per lembar.

Pasar saham diguncang oleh investor-investor kecil yang bergabung dalam sebuah forum tanya jawab online: Reddit. Mereka ramai-ramai membeli saham di GameStop, penjual video game di Amerika Serikat sehingga harga sahamnya pun meningkat pesat.

Fenomena ini menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Inggris, di mana Pearson, Cineworld dan Hammerson menjadi salah satu saham yang menjadi target oleh para gabungan investor kecil.

Terguncangnya pasar keuangan ini disebabkan oleh anggota Reddit yang berkeinginan untuk membuat Hedge Fund dan investor institusional lainnya yang memanfaatkan opsi “short squeeze” dalam pembelian saham mengalami kerugian.

Apa itu Short Squeeze?

Short squeeze adalah jenis transaksi penjualan saham di mana investor meminjam saham dari perusahaan sekuritas untuk kemudian dijual. Jika harga saham kemudian turun, investor dapat mengambil keuntungan dari selisihnya tersebut.

Namun, jika harga saham yang dipinjam ini mengalami kenaikan, maka investor akan rugi karena harus menanggung kenaikan selisih harga tersebut.

Biasanya, jika ada tren kenaikan maka investor ini akan segera membayar saham tersebut ke perusahaan sekuritas penyedia jasa untuk mencegah kerugian membesar.

Mari kita menggunakan contoh agar lebih mudah dipahami. Kamu melakukan short squeeze dan meminjam saham perusahaan A dan kemudian menjualnya dengan harga 10 ribu per lembar.

Jika harga saham perusahaan A itu turun sampai 7 ribu, maka kamu cukup membayar 7 ribu pada perusahaan sekuritas yang menyediakan jasa short squeeze di saat yang sudah ditentukan. Nah, selisih 3 ribu per lembar inilah yang jadi keuntungan kamu.

Di sisi lain, seandainya kamu meminjam saham perusahaan A dan menjualnya dengan harga 10 ribu per lot, lalu saham perusahan tersebut naik sampai 15 ribu, maka kamu harus membayar 15 ribu pada perusahaan sekuritas penyedia jasa tersebut. Di sini lah kerugian dari short squeeze ini.

Jika saham yang short squeeze mengalami kenaikan dengan cepat, short-covering massal terjadi, mendorong saham naik lebih jauh, memaksa lebih banyak short-covering dan apresiasi harga lebih lanjut, sampai semua short-covering dipaksa keluar. Ini terjadi dalam frekuensi tertentu.

Hal Inilah yang Terjadi pada Fenomena GameStop?

Dalam fenomena GameStop ini, para investor yang tergabung di Hedge Fund bertaruh bahwa harga saham GameStop akan turun. Nah, mereka ini kemudian meminjam saham GameStop dari perusahaan sekuritas untuk dijual, dengan harapan harga sahamnya akan semakin turun.

Namun, kenyataannya harga saham GameStop malah mengalami kenaikan dengan cepat dalam beberapa minggu. Nah, hal ini kemudian membuat para investor besar yang tergabung dalam Hedge Fund merugi.

Mereka bertaruh agar mendapat keuntungan dari menurunnya saham GameStop, tetapi yang terjadi justru mengalami kenaikan.

Kondisi ini menunjukkan bahwa ada elemen yang kuat dari hiruk-pikuk spekulatif lama di sini, yaitu, fenomena di mana investor percaya, secara keliru, bahwa sebuah saham “hanya bisa naik lebih tinggi”.

Fenomena GameStop juga merupakan “gamma squeeze“. Banyak investor bertaruh pada GameStop seperti saat mereka melakukan hal yang sama pada saham yang dianggap kurang populer seperti Nokia dan AMC Entertainment. Hedge Fund menggunakan opsi panggilan: kontrak untuk membeli saham dengan harga tertentu di masa mendatang.

Ketika perusahaan sekuritas menjual opsi panggilan, Hedge Fund membeli sejumlah saham dengan opsi panggilan dari saham yang mendasarinya untuk melindungi eksposur mereka dan memastikan mereka dapat membuat kontrak yang baik saat jatuh tempo.

Jumlah saham yang dibeli pialang meningkat seiring dengan harga saham. Pembelian untuk lindung nilai ini dapat memaksa harga saham naik lebih jauh, memaksa lebih banyak pembelian untuk melindungi nilai, dan seterusnya.

Mengapa Saham GameStop Meningkat?

Ada beberapa faktor yang membuat harga saham sebuah perusahaan meningkat. Di antaranya adalah makin tingginya permintaan untuk membeli saham perusahaan tersebut.

Hal fundamental yang membuat permintaan pembelian saham meningkat adalah ketika performa perusahaan mengalami kenaikan sehingga menghasilkan dividen yang besar pula.

Secara sederhana, jika perusahaan sedang dalam performa baik maka permintaan pembelian sahamnya juga akan meningkat. Sebab, semakin banyak orang yang menginginkan pembagian dividen dari perusahaan tersebut.

Sebaliknya, jika performa dan kondisi perusahaan semakin buruk, maka orang-orang akan memilih untuk menjual sahamnya dengan harapan mendapatkan uang dari hasil penjualan sahamnya sebelum harga sahamnya semakin menurun.

Nah, terdapat anomali yang terjadi dalam kasus GameStop. Mengapa bisa harga saham perusahaan yang sedang struggling atau dalam performa buruk mengalami kenaikan?

Para investor kecil yang tergabung di forum tanya jawab online Wallstreetbets di Reddit, mengajak orang-orang untuk membeli saham GameStop. Kenaikan permintaan pembelian saham GameStop berpengaruh terhadap kenaikan harga saham GameStop sehingga membuat Hedge Fund yang menggunakan jasa short squeeze merugi.

Anggota forum ini sendiri mencapai 6,5 juta members. Jumlah yang dapat mempengaruhi pasar saham.

Fenomena gamestop dapat terjadi karena anggota pada forum tanya jawab online reddit
Forum tanya jawab Reddit mengumpulkan kekuatan untuk mengalahkan investor besar di saham GameStop

Anggota forum ini merasa bahwa Hedge Fund dan investor institusional besar lainnya sering kali menggunakan cara-cara seperti ini untuk meraup keuntungan sekaligus merugikan perusahaan dan banyak investor kecil lainnya. Oleh karena itu, mereka berkeinginan untuk membalik keadaan dan membuat Hedge Fund merugi.

Peran Fintech pada Fenomena GameStop

Untuk memahami fenomena yang mengguncang pasar saham ini, kita perlu kenalan dengan fintech jual beli saham yang dalam kasus ini tentu bukan Dompet Kilat, tetapi RobinHood. Para anggota Reddit mayoritas menggunakan aplikasi RobinHood dalam membeli saham GameStop.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa fitur menarik dalam RobinHood seperti bisa melakukan jual beli saham tanpa biaya komisi (commision free) dan bisa melakukan pinjaman dana dalam jumlah kecil. Fitur inilah yang membuat banyak anggota Reddit memanfaatkan aplikasi RobinHood untuk membeli saham GameStop.

Menanggapi fenomena anomali ini, RobinHood  dan fintech keungan lainnya memutuskan untuk menghentikan penjualan saham GameStop dengan alasan ketidakstabilan pasar. Tindakan ini mendapat protes dari berbagai pihak karena para fintech yang menyediakan jasa jual beli saham dianggap tidak berpihak pada gerakan kecil seperti investor dari Reddit ini.

Protes keras bahkan diajukan oleh politisi perempuan terkenal asal New York, Alexandria Ocasio-Cortez. Menurutnya, publik layak mengetahui alasan mengapa RobinHood dan fintech lainnya menutup akses saham GameStop untuk pembeli saham peroranganm tapi membiarkan investor besar seperti Hedge Funds melakukan jual beli saham dengan bebas.

Setelah pembatasan tersebut, harga saham GameStop kembali turun hingga 44% sehingga membuat para investor besar yang melakukan short squeeze dan berharap menurunnya harga saham GameStop agar mendapatkan keuntungan.

Nah, bagaimana sobat Kilat melihat fenomena GameStop, Reddit dan fintech seperti RobinHood? Apakah sobat mendukung gerakan kecil seperti para anggota forum Reddit yang mengguncang pasar keuangan? Ataukah mendukung langkah RobinHood yang seolah-olah terkesan melindungi investor besar demi menjaga kestabilan pasar?

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

Bloomberg (2021) | GameStop is Rage Against the Financial Machine

Catchmeup (2021) | GameStop: Perusahaan Video Game Besar Melantai di Bursa Saham Amerika

CBS News (2021) | GameStop, Reddit and the Battle of Wall Street

Financial Times (2021) | Q&A: A Basic Guide to the GameStop Squeeze

Forbes (2021) | Two Major Surprises From the GameStop Short Squeeze

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.