ilustrasi softskill

ilustrasi softskillilustrasi softskill

Persaingan kerja yang semakin padat membuat pencari kerja dituntut untuk semakin meningkatkan kemampuan dirinya agar dapat memenuhi berbagai tuntutan di dunia kerja. Tidak dipungkiri, nilai akademis yang mumpuni adalah jalan mulus agar segera mendapatkan pekerjaan. Namun, nilai akademis bukanlah satu-satunya faktor yang dapat memuluskan jalan dalam mencari kerja. Ada faktor-faktor lain seperti sikap danĀ softskill yang dapat membuat perusahaan melirik CV-mu.

Mengutip dari Kompas.com , analisis yang dilakukan oleh laman berjejaring LinkedIn, pada 2019 menyatakan bahwa perusahaan cenderung mencari kandidat yang menguasai kombinasi dari hard skill dan softskill, dengan kreativitas berada di posisi pertama dalam daftar keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka sebagai pencari kerja kita perlu meningkatkan soft skill tertentu yang dibutuhkan perusahaan. Pada artikel kali ini, kami akan berikan beberapa softskill yang dibutuhkan perusahaan.

1. Kreatifitas

Saat ini, perusahaan mulai sadar bahwa untuk mengembangkan perusahaanya, maka tidak bisa terus berkutat pada produksi dan kualitas produk yang dimiliki, namun juga harus melebarkan sayap di bidang lain agar meraup rupiah lebih. Terutama semenjak munculnya internet, perusahaan perlu perhatian dalam pengembangan konten agar dapat menarik calon konsumen. Pembuatan konten yang baik memerlukan orang-orang kreatif didalamnya sehingga saat ini kreatifitas adalah hal yang perlu ditingkatkan bagi pencari kerja karena semakin dibutuhkan perusahaan.

 

2. Adaptif

Kemajuan Industri 4.0 membuat semua menjadi lebih mudah dan cepat, begitu juga dengan perubahan. Perubahan bisa saja terjadi secara berkala dengan cepat demi menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Inilah mengapa kemampuan adaptasi perlu dimiliki oleh pencari kerja karena sangat dimungkinkan budaya kerja akan berubah sewaktu-waktu, sehingga tidak kaget atauĀ shock dalam menghadapinya.

 

3. Komunikasi

Kemampuan komunikasi mulai dianggap penting karena banyaknya informasi yang tersedia baik media atau yang lainya. Dengan banyaknya informasi yang bermunculan, maka perusahaan perlu memberikan informasi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak rancu dalam penerimaanya di khalayak. Maka dari itu, perlu ada yang mampu dalam berkomunikasi baik untuk public relation ataupun untuk melobi kolega. Sehingga sebagai pencari kerja apabila merasa belum memiliki komunikasi yang mumpuni, maka perlu meningkatkan kemampuan tersebut.

 

4. Analisa

Perusahaan yang berfokus pada penjualan pasti memiliki berbagai data konsumen. Data tersebut bukanlah hal abstrak apabila diberikan pada orang yang mampu membacanya. Kemampuan analisa berbagai data ini lah yang dibutuhkan perusahaan agar dapat meningkatkan penjualan atau dapat membuat produk yang sesuai dengan target mereka.

Itulah beberapa skill yang perlu ditingkatkan agar dapat dilirik oleh perusahaan. Jadi, skill apa nih yang sudah kamu miliki sebagai daya jualmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here