Berbagai kota di seluruh pelosok Indonesia sedang ramai dengan aksi para Mahasiswa yang sedang berdemo. Demo kali ini bisa dibilang cukup besar karena di ikuti oleh banyak elemen Mahasiswa yang bahkan selama ini jarang terlihat di aksi-aksi sebelumnya. Ini membuktikan bahwa permasalahan yang diprotes oleh para mahasiswa ini ialah masalah serius yang dapat menimbulkan berbagai masalah lain setelahnya. Perlu diketahui, Demo mahasiswa yang berlangsung sejak 23 September kemarin bertujuan memprotes pengesahan RUU KUHP yang dianggap banyak memiliki pasal karet, serta menuntut dibatalkanya Revisi RUU KPK karena dianggap dapat melemahkan Komisi anti-rasuah tersebut dalam memberantas korupsi di Indonesia (tirto, 2019).

Melihat peristiwa satu bulan kebelakang, cukup banyak permasalahan yang sampai saat demo berlangsung belum ada komitmen dari pemerintah atas penyelesaianya. Peristiwa itu antara lain Militerisasi di tanah papua, hingga kebakaran hutan.. Sebagai mahasiswa, tidak selalu dengan demo lho cara untuk menunjukan kita pada negara, 4 hal dibawah dapat kamu lakukan demi tersalurkanya aspirasi dan idealisme seorang mahasiswa!

 

1. Membuat Kajian Ilmiah

Kegiatan keilmiahan bukanlah hal yang baru bagi kalangan mahasiswa. sedari awal menjadi mahasiswa kita sudah dijejali dengan berbagai macam artikel ilmiah untuk kemudian diulas atau dibahas dengan teman kelompok. Kemampuan itu dapat menjadikan kita semakin paham tentang topik yang dipelajari. Begitupula ketika berbagai peristiwa muncul, kita dapat membantu membuat atau mengulas kajian ilmiah tentang suatu peristiwa dengan bahasa yang ringan sehingga bisa dipahami oleh orang awam sehingga menjadi lebih sadar akan keadaan sosial-politik dinegara kita.

 

2. Mengikuti Berbagai Perlombaan

Masa kuliah memanglah saat yang tepat untuk mencari jati diri sehingga wajar saja ketika berbagai kegiatan diikuti oleh mahasiswa. Salah satu hal positif yang layak diikuti ketika menjadi mahasiswa ialah aktif dalam berbagai perlombaan baik akademis maupun non-akademis. Tidak dapat dipungkiri aktifnya kita dalam mengikuti lomba menjadikan diri kita yang tidak gampang menyerah dan memiliki daya saing yang tinggi serta siap menghadapi berbagai tekanan. Ini juga bisa menjadi salah satu pelengkap portofoliomu. Selain itu juga  membuktikan bahwa mahasiswa berprestasi tak selamanya apatis, begitu pula sebaliknya.

 

3.  Optimalkan Soft Skill yang dimiliki

Selain kemampuan akademis, mahasiswa jaman sekarang tentu memiliki soft skill tersendiri yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya. Untuk yang hobi fotografi bisa juga turut menyebarkan semangat perjuangan mahasiswa melalui hasil foto yang diambilnya. Tak hanya itu, kemampuan lain seperti desain grafis juga bisa dioptimalkan dengan menyebarkan pesan-pesan tuntutan mahasiswa melalui karya desainya. Sehingga tidak membosankan dan menarik minat orang lain mengetahui tujuan digelarnya aksi tersebut. Anak band/sobat indie juga dapat memiliki andil dengan membuat lagu penyemangat bagi mereka yang sedang berjuang atau bahkan menyadarkan masyarakat melalui lagu ciptaanya terhadap keadaan negeri saat ini.

Artikel lain mengenai peningkatan soft skill 

4. Memberikan Dukungan Moril

Tak sedikit mahasiswa yang memiliki semangat untuk turun ke jalan bersama dengan teman-teman mahasiswa lainya menyuarakan aspirasinya. Namun, keadaan belum tentu memungkinkan mereka untuk turun ke jalan. Oleh karenanya, dukungan moril juga tak kalah pentingnya dengan dukungan materiil bagi para mahasiswa peserta aksi demo. Salah satu dukungan moril yang bisa diberikan ialah tidak gegabah menyebarkan hoax terhadap kejadian di lapangan dan memberikan semangat melalui dunia maya.

Dengan 4 hal tersebut, diharapkan dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa untuk dapat menyuarakan aspirasinya serta menyampaikan kritik kepada pemerintah tanpa harus turun ke jalan untuk berdemo. Jadi, apa yang sudah kamu lakukan sebagai mahasiswa dalam menyuarakan aspirasimu, Sobat Kilat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here