Memiliki bisnis tentu saja menjadi sebuah kebanggaan bagi pemiliknya, apalagi ketika bisnis tersebut telah berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Tak jarang, banyak orang yang ketika dalam karirnya masih memiliki potensi peningkatan, banting setir menjadi pebisnis. Memang, dalam mengembangkan bisnis memerlukan modal yang tak sedikit, banyak pula yang akhirnya stress karena kondisi keuangan yang tidak stabil seperti sebelumnya.
Meskipun begitu, mengelola bisnis merupakan seni dan tantangan tersendiri yang perlu waktu dalam mengolahnya, oleh karena itu, perlu sedini mungkin dalam menjalankan bisnis. Nah, untuk yang masih memikirkan cara mendapatkan modal, berikut adalah metode-metode yang bisa dilakukan agar modal usaha segera didapat.

Mengikuti Kompetisi
Kompetisi bisnis sering diadakan khususnya ditujukan kepada mahasiswa atau pegiat startup. Ide ide segar terhadap suatu bisnis biasanya muncul di kompetisi, sehingga pemenang akan dapat dengan mudah mendapatkan modal. Tak hanya itu, melalui kompetisi juga membuat suatu usaha terdengar namanya dipublik, sehingga tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan konsumen baru pula.

Mendatangi Seminar Bisnis
Selain Kompetisi, seminar seminar tentang bisnis juga banyak digelar. Mengikuti kegiatan seminar tentang bisnis dapat meningkatkan networking dan menambah potensi munculnya konsumen baru. Tak hanya itu, bila pintar dalam melobi, maka tak jarang ada usaha yang mendapatkan calon investornya di kegiatan tersebut.

Tentu saja tidak bermodalkan tangan kosong dalam mendatangi seminar tersebut, namun haruslah memiliki persiapan yang matang seperti proposal dan informasi menarik tentang perusahaan. Buatlah informasi tentang perusahaan semenarik mungkin agar investor semakin tertarik mendanai usahamu.

Artikel Pilihan Editor

Mencari Partner Kerja
Di era sekarang ini, bukanlah kompetisi yang menjadi tujuan utama, melainkan kolaborasi antar pelaku usaha. Memang disadari bahwa dalam memulai usaha tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini tidak mungkin diambil alih oleh satu orang saja. Akan semakin seru dalam pengembangan usaha apabila memiliki partner kerja yang sepemikiran, sehingga arah perusahaan semakin jelas dan muncul inovasi inovasi baru ditengah perjalananya.

Mendapatkan Pinjaman
Cara ini adalah salah satu cara yang paling umum digunakan oleh calon pengusaha. Pinjaman dapat diperoleh salah satunya melalui teman dekat, atau Bank. Meminjam melalui teman dekat tentu mudah namun akan melibatkan perasaan tidak enak apabila harus meminjam dengan jumlah yang cukup banyak. Meminjam modal melalui Bank juga praktis, namun memiliki persyaratan yang tak sedikit dan jaminan yang menyulitkan calon peminjam.

Salah satu cara alternatif dalam mendapatkan pinjaman ialah melalui Peer to peer Lending. Dengan kemudahan yang dimiliki serta memiliki bunga yang kompetitif, peer to peer lending juga dapat mencairkan dana dalam hitungan jam, sehingga bisnis bisa langsung dijalankan dan dikembangkan.

Nah, itulah tadi beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk pengembangan bisnismu! Jadi, mau melakukan yang mana nih untuk menambah modal bisnismu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here