Halo Sobat Kilat!

Macetnya ibu kota bikin kita perlu sesuatu untuk mengalihkan rasa bosan saat sedang macet kala berkendara. Apalagi untuk pengguna kendaraan pribadi khususnya mobil, pasti bosen banget saat harus berhadapan dengan kemacetan. Banyak pula diantara kita yang berkendara sendirian sehingga tidak ada yang diajak ngobrol untuk mencairkan kebosanan.

Beberapa waktu terakhir, podcast mulai menjamur di Indonesia. Podcast sendiri bisa diartikan sebagai Vlog namun tanpa visual, hanya audio saja. Isinya beragam dari membicarakan opini akan suatu isu, atau hanya sekedar berkelakar. Dengan hanya mengandalkan audio, podcast tumbuh subur di Indonesia karena tidak memerlukan kuota yang cukup banyak, bisa didengarkan sambil berkendara, namun tetap memiliki nilai hiburan yang tinggi. Untuk Sobat Kilat yang masih awam dengan podcast, berikut rekomendasi Podcast yang perlu Sobat dengarkan!

 

1. Podcast Awal Minggu

Podcast Awal minggu merupakan salah satu podcast pertama di Indonesia. Podcast yang dipandu oleh Adriano Qalbi ini sering dijadikan dijadikan refrensi bagi pendengar pemula karena bahasannya yang ringan, serta pembahasanya yang unik. Keunikan lain dari podcast ini adalah podcast ini tidak melalui proses editing sehingga menghasilkan durasi yang cukup panjang pada setiap episodenya. Selain itu, judul dari tiap episode pada podcast ini hanya berdasarkan tanggal podcast tersebut dibuat.

2. Podcast Rapot

Podcast yang dipandu oleh Reza Chandika, Ankatama, Radhini, dan Nastasha Abigail ini sering bertengger di Top Podcast pada aplikasi streaming Spotify. Podcast ini banyak diminati karena chemistry yang dimiliki keempat pemandunya kocak dan menghibur dengan pembahasan yang ringan.  Keempat pemandu podcast ini memiliki latar belakang di dunia penyiaran dan public speaking sehingga tidak heran podcast ini nyaman untuk didengarkan ditambah memiliki candaan yang cukup receh.

3. Podcast Subjective

Podcast Subjective merupakan salah satu podcast yang sudah hadir cukup lama di Indonesia. Dipandu oleh Iqbal Hariadi, podcast ini membahas mengenai opini personal Iqbal serta pengalaman hidupnya. Podcast ini juga mengundang beberapa podcaster lain untuk membagikan cerita-cerita seru tentang pengalaman atau pencapaianya. Podcast ini tidak terlalu berat dan cukup santai sehingga tetap seru didengarkan dikala berkendara.

4. Podcast Petjah

Tidak jauh berbeda dengan Subjective, Podcast Petjah yang dipandu oleh Rifqi Arrahmansyah (Mantjah) ini juga membahas tentang opini pribadi serta pengalaman hidup dari Mantjah. Podcast yang sudah memiliki puluhan episode ini cukup seru untuk didengarkan mengingat latar belakang Mantjah yang seorang lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota di salah satu universitas di Jogjakarta.

5. Asumsi Bersuara

Berbeda dari podcast-podcast sebelumnya, Asumsi Bersuara yang dipandu oleh Rayestu ini berfokus pada bahasan Politik serta isu-isu sosial lainya. Podcast ini cukup sering mengundang politisi atau tokoh lainya untuk membahas isu politik terkini dan mengetahui sudut pandang serta komentar tokoh tersebut terhadap suatu isu. Podcast ini cocok untuk Sobat yang mengikuti dinamika politik di Indonesia.

Baca juga: Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Selama jadi Mahasiswa

6. Curhat Babu

Teruntuk pasangan yang baru menikah, atau berencana akan menikah, podcast ini cocok untuk didengarkan. Dipandu oleh sepasang suami istri, Ario Pratomo (tech reviewer) dan Nucha Bachri (founder Parentalk). Podcast ini membahas mengenai permasalahan suami istri dari segi finansial, psikologis, dan hal yang berhubungan dengan parenting. Mereka juga mengundang pembicara lainya untuk menambah wawasan mengenai topik tersebut.

7. Thirty Days of Lunch

Masih dipandu oleh Ario Pratomo, kali ini ia bersama Fellexandro Ruby membahas berbagai topik yang menambah wawasan pendengarnya. Topik yang cukup sering dibahas ialah mengenai self development dan financial plan. Podcast yang rencananya akan menyentuh musim kedua ini, sempat membagikan Beasiswa setelah bekerjasama dengan Purwadhika.

8. MaknaTalk

MaknaTalk merupakan podcast inspiratif yang tiap episode nya mengundang berbagai tokoh baik selebritas atau tokoh lainya. Podcast ini mengupas kisah hidup serta inspirasi dari tiap tokoh yang diundang dan dibawakan secara ringan dan santai sehingga nyaman untuk didengarkan dan tidak terkesan menggurui.

9. Unqualified

Gustika Jusuf-hatta mungkin bukanlah nama yang cukup populer, namun melihat nama belakangnya, langsung dapat diketahui bahwa ia memiliki darah tokoh proklamator, yaitu Mohammad Hatta. Meskipun begitu, bukan hanya karena dipandu oleh cucu dari proklamator yang membuat podcast ini menarik, namun memang podcast yang dibawakanya bersama Randy Arbiyantama ini mebahas suatu topik secara santai dan berkesan ‘sok tahu’, namun sebenarnya memiliki bobot dalam setiap pembicaraanya.

10. Box2Box ID

Podcast rekomendasi terakhir dari kami ialah Podcast yang cocok untukmu penggemar Olahraga khususnya Bola. Podcast ini membahas mengenai dunia persepakbolaan serta rumor-rumor yang terjadi. Podcast yang dipandu oleh Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana dan jurnalis kawakan Tio Prasetyo ini cukup seru karena nama-nama tersebut bukanlah nama yang asing dalam bidang persepakbolaan.

Setelah mengetahui 10 Podcast rekomendasi kami, podcast mana nih yang paling membuatmu tertarik? atau adakah podcast lain yang mau Sobat rekomendasikan? tulis di kolom komentar yaa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here